Home / Hikmah / Grebek Bonus Ramadan Dalam Lailatul Qadr
Lailatul Qadr, Malam Yang Mulia. 
Sumber: www.juicyprofile.com
Lailatul Qadr, Malam Yang Mulia. Sumber: www.juicyprofile.com

Grebek Bonus Ramadan Dalam Lailatul Qadr

Tidak terasa Ramadhan tinggal 10 hari lagi. Itu berarti obral pahala dan diskon pengampunan dari Allah akan berakhir dalam hitungan jari. Namun, klimaks Ramadan belum dilewati. Ya, lailatul qadr atau malam kemuliaan masih ada di menunggu di penghujung Ramadan.

Lailatul qadr adalah malam dimana Al-Qur’an diturunkan. Dalam malam lailatul qadr, semua kebaikan dilipat gandakan lebih dari 1000 bulan (لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ) dan mendapat “bonus” berupa pengampunan dosa-dosa yang telah lalu.  Salah satu pertanda lailatul qadr adalah hujan pada malam tersebut.

Tidak diketahui pasti kapankah terjadinya lailatul qadr. Apakah pada malam 21, 23, atau 27. Namun, Rasulullah SAW telah memberikan petunjuk cara mencari lailatul qadr.

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا أَبُو سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ.

Artinya:

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami Isma’il bin Ja’far telah menceritakan kepada kami Abu Suhail dari bapaknya dari ‘Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Carilah Lailatul Qadar pada malam yang ganjil dalam sepuluh malam yang akhir dari Ramadhan”. HR. Al- Bukhari: 1878

Kenyataannya, sulit untuk menentukan dengan tepat manakah malam ganjil dan malam genap bulan Ramadan. Pelaksanaan awal puasa memang berdasarkan sidang isbat, namun awal Ramadan yang sesungguhnya hanya Allah SWT yang lebih tahu. Sebab jika berdasarkan hitungan sidang isbat malam ganjil, namun kenyataannya perhitungannya meleset sehari maka semua malam ganjil menjadi genap. Oleh karena itu, agar lebih ‘aman’nya dalam 10 malam terakhir bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan meningkatkan nilai dan jumlah ibadahnya. Tidak perlu memilih-milih antara malam ganjil maupun malam genap.

Semoga Allah memberikan rizki meraih keutamaan lailatul qadr tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.

Kenyataannya, sulit untuk menentukan dengan tepat manakah malam ganjil

Check Also

Kunci Sukses Kehidupan KH. Ubaidillah Alhasaniy www.ldiiminsel.com

Rahasia Meraih Sukses Dalam Kehidupan

Banyak orang memiliki jabatan tinggi, pangkat, kekayaan, ketenaran namun sayangnya hatinya tidak tentram. Ini menunjukkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *