Home / Ekonomi / Jokowi Dukung LDII Kembangkan E-Commerce Syariah Pertama di Indonesia
Presiden Jokowi Memberikan Pengarahan Dalam Munas VIII LDII di Balai Kartini (9/11/2016)
Presiden Jokowi Memberikan Pengarahan Dalam Munas VIII LDII di Balai Kartini (9/11/2016)

Jokowi Dukung LDII Kembangkan E-Commerce Syariah Pertama di Indonesia

Presiden Joko Widodo melakukan silaturahim kepada para peserta Musyawarah Nasional ke VIII Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Rabu (9/11). Kehadirannya membahas tentang perdamaian dalam pembangunan bangsa.  “Menjadi Indonesia berarti setiap orang, setiap organisasi harus berjiwa Pancasila, berjiwa Bhineka Tunggal Ika, menjunjung tinggi toleransi, berjiwa gotong-royong,” kata Presiden dalam arahannya saat Munas LDII di Balai Kartini.

Presiden mengapresiasi LDII dalam menjaga kerukunan dan perdamaian melalui pengajaran Alquran dan Hadis. Dalam arahannya, Jokowi juga menyampaikan hal-hal yang sedang dibangun Indonesia seperti pertanian, infrastruktur serta sumber daya manusia (SDM).
Presiden juga mengarahkan agar Indonesia tidak ketinggalan dalam menguasai media sosial. Namun, Presiden menyayangkan banyak orang masih kurang bijak dalam menggunakan medsos”Jika kita buka sekarang yang ada saling menghujat, saling mengejek, saling memaki, saling menjelekkan. Apakah itu budi pekerti yang ditanamkan pada kita? Saya kira tidak. Ini adalah infiltrasi media sosial yang tidak kita sadari dan kita saring,” ujar Jokowi.

Dalam hal pengelolaan era digital, dalam Munas ke 8 ini LDII meluncurkan situs pikub.co.id sebagai wujud transaksi online syariah. LDII juga telah mengawali dengan Gerakan Internet Sehat untuk memanfaatkan potensi positif dan menghindari potensi negatif.

“Pemanfaatan IT dalam memajukan perekonomian haruslah sejalan dengan prinsip syariah. Oleh karena itu LDII memandang bangsa Indonesia membutuhkan media online yang syariah. LDII berharap pikub.co.id yang akan dilaunching dalam membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat maju,” ujar Abdullah Syam.

Tampilan pikub.co.id
Tampilan pikub.co.id. Klik gambar untuk masuk ke pikub.co.id

Menanggapi launching pikub.co.id, Jokowi mengungkapkan akan mendukungnya menjadi platform nasional. “Jangan salah, sekarang ada Alibaba. Mereka punya logistic platform yang merajai di mana-mana. Kenapa kita tidak memiliki yang seperti itu. Kalau ada retail platform milik kita sendiri malah dijual kemana-mana. Saya sedih kalau yang bagus dicaplok oleh asing, saya mau suntik jadi bingung. Maka sebaiknya kami suntik yang tadi, pikub.co.id jadi platform nasional,” ujar Jokowi.

Usai memberikan sambutan, kunjungan Jokowi di Munas ke-8 LDII ditutup dengan penandatangan Wall of Fame gerakan menghormati guru dan gerakan etika media sosial yang sehari sebelumnya telah ditandatangani pula oleh Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Saifuddin.

Presiden hadir didampingi sejumlah menteri di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno tiba di Balai Kartini pada sekitar pukul 08.30 WIB. Dalam beberapa hari terakhir, Presiden menyambangi sejumlah ormas Islam antara lain Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan PP Muhammadiyah juga untuk bersilaturahim dan membicarakan upaya damai membangun bangsa.

 

Check Also

DPP LDII dalam pertemuan dengan Presiden RI didampingi Menkopolhukam dan Menag.

Presiden RI Gandeng LDII Tangkal Radikalisme

Presiden RI Joko Widodo mengundang LDII ke Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat (5/2/2016). Presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *